PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP N 19 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ABSTRACT
Daniyar Rohman. NPM 14410103. APPLICATION OF EMPLOYEE METHOD FOR DEVELOPING WRITING CAPABILITIES CLASS VIII SMP N 19 SEMARANG LESSON LEARNING 2016/2017
1.
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang Penelitian
Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP merupakan materi pembelajaran yang pokok. Didalamnya
menyangkut aspek yang harus dikuasai oleh siswa yaitu mendengarkan, berbicara,
membaca dan menulis aspek ini merupakan aspek yang sangat penting dalam bahasa
indonesia. Dimana seorang siswa diharapkan mampu menghasilkan ide dalam mengembangkan
sebuah tema untuk dijadikan puisi.
Mengingat pentingnya Bahasa Indonesia dalam kehidupan, maka perludiperhatikan
mutu pembelajaran bahasa indonesia. Mempersiapkan anak didik untuk memiliki
pengetahuan dan keterampilan Bahasa Indonesia dapat digunakan dalam menghadapi
tantangan dikemudian hari. Sehubung dengan itu, kemampuan siswa terhadap bahasa
indonesia harus dapat diketahui dengan baik, yang akhirnya dapat diinginkan
pula kenyataan siswa menganggap bahwa pelajaran bahasa indonesia sulit dan
membosankan. Hal ini mungkin disebabkan pada saat mempelajari bahasa indonesia siswa
banyak mengalami kesukaran dan kurang mengusai kosa kata yang tepat. Sehingga
mengakibatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa indonesia rendah
atau kurang memuaskan.
Seiring dengan berjalannya waktu bahasa indonesia tidak hanya digunakan
untuk berkomunikasi dan digunakan dalalam sebuah kalimat dalam proses
pembelajaran, kalimat bahasa indonesia juga dapat digunakan dalam membuat sebuah
karangan puisi yang bagus dan banyak diminati dikalangan remaja dan masyarakat
saat ini bahkan pembuatan puisi pun tidak hanya dilakukan didalam kelas namun
bisa juga dilakukan diluar jam pembelajaran sekolah.
Menulis
puisi merupakan salah satu bagian dari kompetensi menulis dalam Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan yang harus dikuasai siswa. Menulis sebagai suatu
kegiatan berbahasa yang bersifat aktif dan produktif merupakan kemampuan yang
menuntut adanya kegiatan encoding yaitu kegiatan untuk menghasilkan atau
menyampaikan bahasa kepada pihak lain melalui tulisan. Menulis
puisi lama dan baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
Siswa
kesulitan menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk puisi terlihat dari
hasil kerja siswa dalam menulis puisi tidak menggunakan bait, rima, dan irama
secara benar. Hal ini disebabkan kurang ketertarikan siswa dalam bersastra
terutama dalam penulisan puisi. Sebagian dari siswa beranggapan bahwa puisi
adalah suatu pelajaran yang sulit, karena dalam penulisan puisi dibutuhkan
kejelihan pemilihan dan pengolahan kata untuk kemudian dirangkai menjadi
kata-kata yang indah. Selain fakor tersebut, penyebab kurang ketertarikan siswa
dalam pembelajaran menulis puisi adalah metode yang digunakan dalam
pembelajaran.
Usaha
untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi diperlukan metode pembelajaran. Metode karyawisata
adalah cara penyajian materi ajar dengan membawa siswa mengunjungi obyek yang
akan dipelajari, dengan demikian metode karya wisata yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah suatu cara penyajian materi ajar yang mengajak siswa ke
suatu tempat atau obyek tertentu untuk mempelajari sesuatu yang berkepentingan
dalam pembelajaran, wistarani(2012:60).
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, judul dalam penelitian ini adalah “Penerapan Metode Karyawisata untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis
Puisi Kelas VIII SMP N 19 SEMARANG Tahun Pelajaran 2016/2017”.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah “ Apakah Metode Karyawisata dapat Berpengaruh terhadap Kemampuan Menulis
Puisi Kelas VIII SMP 19 SEMARANG Tahun Pelajaran 2016/2017”.
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata
terhadap kemampuan menulis puisi kelas VIII SMP 19 SEMARANG
D.
Manfaat
Penelitian
1. Manfaat
teoritis
Penelitian
ini bermanfaat untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
2. Manfaat
Praktis
a. bagi
guru
Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk
memberikan gambaran tentang pentingnya penggunaan
materi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan
menulis.
b.bagi siswa
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat untuk memotivasi siswa agar kegiatan menulis puisi lebih bermakna.
c. bagi peneliti
Penelitian ini dapat dijadikan pengalaman
yang dapat memberikan suatu dorongan untuk mengadakan penelitian-penelitian
yang lain khususnya tentang bahasa Indonesia.
E.
Landasan Teori
1. Pembelajaran
Pembelajaran adalah
suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material,
fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan
pembelajaran (Hamalik, 2007:57).
2. Menulis
Menulisadalah suatu kegiatan penyampaian
pesan atau ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan yang mampu
membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama dalam bentuk
tulisan (Pradopo, 2010:17).
3. Puisi
Puisi
diartikan “membuat” dan “pembuatan” karena lewat puisi pada dasarnya seorang
telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang mungkin berisi pesan atau
gambaran suasana-suasana tertentu, baik fisik maupun batiniah” (Aminuddin,
2009:134).
F.
Tinjauan
Pustaka
Sumber penelitian
terdahulu yang relevan untuk dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian
mengenai “ Penerapan Metode Karyawisata untuk Mengembangkan Menulis Puisi pada
Siswa Kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh”(Susanto Adi:2012). Dalam penelitia tersebut juga Hasil dan pembahasan penelitian ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan
menulis puisi siswa. Ketuntasan hasil cipta puisi siswa pada prasiklus 7 siswa
(25%) tuntas dan 21 siswa (75%) belum tuntas, siklus I 18 siswa (60%) yang
mendapat nilai tuntas dan 12 siswa (40%) belum tuntas dan hasil menulis puisi
siswa pada siklus II sebanyak 26 siswa (83,87%) tuntas dan 5 siswa (16,13%)
belum tuntas.
G. Metode
I.
Pendekatan Penelitian
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan
kuantitatif. Metode kuatitatif
adalah metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme.
Metode ini sebagai metode ilmiah karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
yaitu empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini disebut
juga metode kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan
dianalisis menggunkan statistik. (Sugiyono 2012:7).
II.
Hasil Penelitian dan Pembahasan
Dari hasil
penelitian yang saya lakukan di SMP 19 SEMARANG mengenai mengembangkan
kemampuan menulis puisi menggunakan metode karya wisata, seluruh siswa kelas VIII A SMP 19 SEMARANG
mengembangkan menulis puisi dengan cara peneliti mengajak siswa untuk keluar
kelas melihat situasi yang ada di sekitar lingkungan sekolah, lalu seluruh
siswa tersebut di bawah pendampingan peniliti mereka menulis puisi sesuai
dengan situasi atau keadaan yang telah mereka amati di lingkungan tersebut.
Dengan metode tersebut siswa lebih antusias dan lebih mudah mengembangkan
ide-ide kreatif mereka dalam membuat puisi. Hal itu di buktikan dari
karya-karya puisi yang mereka hasilkan.
III.
Penutup
A.
Simpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode karya
wisata dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi.
DAFTAR
PUSTAKA
Aminudin. 2009. Pengantar
Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Arikunto. 2010.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Bahri, Saifu dkk.
2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi
dengan Metode Karya Wisata. Jember
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi,
pendekatan dan pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Rahmawati, Lutfi Dian. 2013. Penerapan Metode Karya Wisata dalam
Pembelajaran Menulis Karya Wisata(Cerpen). Palangkaraya: UMP
Santoso, Adi. 2012. Penerapan Metode Karya Wisata untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jember: Universitas Jember
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan
Kualitatif,
Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfa
Utari, Wa Ode. 2015. Jurnal
Humanik No15, Vol 3 ( Kemampuan Menulis
Puisi Baru) Siswa Kelas XI SMA N 1 KABAWO.
No comments:
Post a Comment