Laman

Saturday, June 17, 2017

PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP N 19 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ABSTRACT
Daniyar Rohman. NPM 14410103. APPLICATION OF EMPLOYEE METHOD FOR DEVELOPING WRITING CAPABILITIES CLASS VIII SMP N 19 SEMARANG LESSON LEARNING 2016/2017

1.      Pendahuluan
A.    Latar Belakang Penelitian
Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP  merupakan  materi pembelajaran yang pokok. Didalamnya menyangkut aspek yang harus dikuasai oleh siswa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis aspek ini merupakan aspek yang sangat penting dalam bahasa indonesia. Dimana seorang siswa diharapkan mampu menghasilkan ide dalam mengembangkan sebuah tema untuk dijadikan puisi.
Mengingat pentingnya Bahasa Indonesia dalam kehidupan, maka perludiperhatikan mutu pembelajaran bahasa indonesia. Mempersiapkan anak didik untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan Bahasa Indonesia dapat digunakan dalam menghadapi tantangan dikemudian hari. Sehubung dengan itu, kemampuan siswa terhadap bahasa indonesia harus dapat diketahui dengan baik, yang akhirnya dapat diinginkan pula kenyataan siswa menganggap bahwa pelajaran bahasa indonesia sulit dan membosankan. Hal ini mungkin disebabkan pada saat mempelajari bahasa indonesia siswa banyak mengalami kesukaran dan kurang mengusai kosa kata yang tepat. Sehingga mengakibatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa indonesia rendah atau kurang memuaskan.
Seiring dengan berjalannya waktu bahasa indonesia tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan digunakan dalalam sebuah kalimat dalam proses pembelajaran, kalimat bahasa indonesia juga dapat digunakan dalam membuat sebuah karangan puisi yang bagus dan banyak diminati dikalangan remaja dan masyarakat saat ini bahkan pembuatan puisi pun tidak hanya dilakukan didalam kelas namun bisa juga dilakukan diluar jam pembelajaran sekolah.
Menulis puisi merupakan salah satu bagian dari kompetensi menulis dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang harus dikuasai siswa. Menulis sebagai suatu kegiatan berbahasa yang bersifat aktif dan produktif merupakan kemampuan yang menuntut adanya kegiatan encoding yaitu kegiatan untuk menghasilkan atau menyampaikan bahasa kepada pihak lain melalui tulisan. Menulis puisi lama dan baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
Siswa kesulitan menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk puisi terlihat dari hasil kerja siswa dalam menulis puisi tidak menggunakan bait, rima, dan irama secara benar. Hal ini disebabkan kurang ketertarikan siswa dalam bersastra terutama dalam penulisan puisi. Sebagian dari siswa beranggapan bahwa puisi adalah suatu pelajaran yang sulit, karena dalam penulisan puisi dibutuhkan kejelihan pemilihan dan pengolahan kata untuk kemudian dirangkai menjadi kata-kata yang indah. Selain fakor tersebut, penyebab kurang ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis puisi adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran.
Usaha untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi diperlukan metode pembelajaran. Metode karyawisata adalah cara penyajian materi ajar dengan membawa siswa mengunjungi obyek yang akan dipelajari, dengan demikian metode karya wisata yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu cara penyajian materi ajar yang mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu untuk mempelajari sesuatu yang berkepentingan dalam pembelajaran, wistarani(2012:60).
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, judul dalam penelitian ini adalah “Penerapan Metode Karyawisata untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis Puisi Kelas VIII SMP N 19 SEMARANG Tahun Pelajaran 2016/2017”.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah Metode Karyawisata dapat Berpengaruh terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas VIII SMP 19 SEMARANG Tahun Pelajaran 2016/2017”. 

C.      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan menulis puisi kelas VIII SMP 19 SEMARANG

D.      Manfaat Penelitian
1.    Manfaat teoritis
     Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
2.    Manfaat Praktis
a. bagi guru
Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan gambaran tentang pentingnya penggunaan materi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis.
b.bagi siswa
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk memotivasi siswa agar kegiatan menulis puisi lebih bermakna.
c. bagi peneliti
Penelitian ini dapat dijadikan pengalaman yang dapat memberikan suatu dorongan untuk mengadakan penelitian-penelitian yang lain khususnya tentang bahasa Indonesia.

E.       Landasan Teori
1.    Pembelajaran
       Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran (Hamalik, 2007:57).

2.    Menulis
       Menulisadalah suatu kegiatan penyampaian pesan atau ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan yang mampu membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama dalam bentuk tulisan (Pradopo, 2010:17).

3.      Puisi
Puisi diartikan “membuat” dan “pembuatan” karena lewat puisi pada dasarnya seorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang mungkin berisi pesan atau gambaran suasana-suasana tertentu, baik fisik maupun batiniah” (Aminuddin, 2009:134).

F.     Tinjauan Pustaka
Sumber penelitian terdahulu yang relevan untuk dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian mengenai “ Penerapan Metode Karyawisata untuk Mengembangkan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh”(Susanto Adi:2012). Dalam penelitia tersebut juga Hasil dan pembahasan penelitian ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan menulis puisi siswa. Ketuntasan hasil cipta puisi siswa pada prasiklus 7 siswa (25%) tuntas dan 21 siswa (75%) belum tuntas, siklus I 18 siswa (60%) yang mendapat nilai tuntas dan 12 siswa (40%) belum tuntas dan hasil menulis puisi siswa pada siklus II sebanyak 26 siswa (83,87%) tuntas dan 5 siswa (16,13%) belum tuntas.
G.    Metode          
                   I.            Pendekatan Penelitian
Pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kuantitatif. Metode kuatitatif adalah metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini disebut juga metode kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan dianalisis menggunkan statistik. (Sugiyono 2012:7).

                II.            Hasil Penelitian dan Pembahasan
Dari hasil penelitian yang saya lakukan di SMP 19 SEMARANG mengenai mengembangkan kemampuan menulis puisi menggunakan metode karya wisata,  seluruh siswa kelas VIII A SMP 19 SEMARANG mengembangkan menulis puisi dengan cara peneliti mengajak siswa untuk keluar kelas melihat situasi yang ada di sekitar lingkungan sekolah, lalu seluruh siswa tersebut di bawah pendampingan peniliti mereka menulis puisi sesuai dengan situasi atau keadaan yang telah mereka amati di lingkungan tersebut. Dengan metode tersebut siswa lebih antusias dan lebih mudah mengembangkan ide-ide kreatif mereka dalam membuat puisi. Hal itu di buktikan dari karya-karya puisi yang mereka hasilkan.

             III.            Penutup
A.    Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi.

DAFTAR PUSTAKA
Aminudin. 2009. Pengantar Apresiasi  Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
 Rineka Cipta.
Bahri, Saifu dkk. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Karya Wisata. Jember
Djojosuroto, Kinayati. 2005.  Puisi, pendekatan dan pembelajaran. Bandung:  Nuansa.
Rahmawati, Lutfi Dian. 2013. Penerapan Metode Karya Wisata dalam Pembelajaran Menulis Karya Wisata(Cerpen). Palangkaraya: UMP
Santoso, Adi. 2012. Penerapan Metode Karya Wisata untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jember: Universitas Jember
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif,
Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfa
Utari, Wa Ode. 2015. Jurnal Humanik No15, Vol 3 ( Kemampuan Menulis Puisi Baru) Siswa Kelas XI SMA N 1 KABAWO.


No comments:

Post a Comment