Laman

Saturday, June 17, 2017

Penerapan Ketrampilan Menyimak Pembacaan Teks  Berita dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas  VII SMP N 1 Kajen Tahun Ajaran  2016/2017


Dwi Sri Wigati 14410098 6C PBSI FPBS UPGRIS
Dwigati1234@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketrampilan menyimak pembacaan teks berita dengan menggunakan media audio visual pada siswa  kelas VII SMP 1 N KAJEN.  pada penelitian ini untuk mengetahui keaktifan pembelajaran berita pada siswa kelas VII dengan menerapkan media audio visual untuk lebih jelas dalam menyimak teks pembacaan berita. Pada penelitian ini peneliti mengambil lokasi pada SMP N 1 KAJEN. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas VII . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Subyek penelitian ini adalah  Teks berita. (1) menyimak pembacaan teks berita, (2) penerapan media audio visual. Objek penelitian ini adalah penerapan media yang untuk mengembangkan tingkat keaktifan siswa dalam menyimak sebuah teks melalui media vidio. Teknik pengumpulan data nontes berupa observasi wawancara yang dilakukan pada siswa kelas VII B SMP N 1 Kajen.
Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyimak lebih baik, peningkatan pembelajaran dalam menyimak, menemukan unsur-unsur berita dengan mendengarkan melalui tahap-tahap menyimak, dapat mengamati dengan jelas dan mudah. Berdasarkan penelitian dapat di simpulkan strategi pembelajaran dalam menyimak teks berita melalui media audio visual dapat membantu siswa lebih mudah dan jelas untuk dilakukan pada saat pembelajaran menulis.

Kata kunci : Menyimak Teks Berita,Media, dan Audio Visual


A.    PENDAHULUAN
Latar belakang
Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis (Tarigan, 2008: 1) Keempat keterampilan berbahasa tersebut sangat penting salah satunya ketrampilan menyimak menurut H.G. Tarigan, menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta intrepestasi untuk memperoleh informasi  menyimak adalah mendengarkan ( mempertahankan apa yang diucapkan orang), menyimak adalah latihan mendengarkan baik-baik dengan menyimak dapat menggunakan media, guru akan lebih mudah memberikan materi dengan adannya media Audio Visual yang di terapkan oleh guru diharapkan agar siswa lebih mudah menangkap materi pembelajaran menyimak dengan baik dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, guru biasanya hanya memberikan pembelajaran berita dengan cara membaca dengan teks pada hal ini guru ingin menerapkan model lain seperti menyimak dengan menggunakan media seperti Vidio.
Sejalan dengan kegiatan menyimak adapun tujuan dalam menyimak adalah salah satunya menyimak untuk belajar, kegiatan pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan media tentunnya akan membuat siswa cenderung lebih jelas dengan mendengarkan pembicara membacakan berita melalui vidio siswa akan lebih mengetahui isi pembacaan berita yang di sampaikan dan akan membuat siswa lebih mudah pada saat akan mencari informasi atau menulis hal-hal yang penting pada pembacaan berita.
Teks berita merupakan tulisan yang berisi tentang fakta mengenai peristiwa terkini yang menarik dan dapat disampaikan kepada khalayak umum melalui media telivisi, radio dan koran. Biasanya teks berita di muat di surat kabar tidak panjang. Tetapi singkat dan jelas beritannya. Sebuah berita yang baik di dalamnya mengandung unsur 5W+1H..
Pada kegiatan pembelajaran di sekolah pembelajaran mengenai Berita biasanya sering adanya pada tingkatan SMP, biasanya guru sering membacakan berita melalui teks berita, Namun pada hal ketrampilan menyimak berita melalui teks masih banyak siswa yang mengalami kendala seperti halnya siswa mengantuk, ataupun tidak mendengarkan guru dengan baik ataupun pembacaan yang kurang jelas. Salah satu bentuk perbaikan dalam proses pembelajaran adalah melakukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Pemanfaatan tekhnologi didalam kegiatan pembelajaran guna sebagai salah satu upaya meningkatkan minat belajar peserta didik, dan menimbulkan semangat dalam pembelajaran dengan memanfaatkan tekhnologi yang telah ada, yakni media audio visual sebagai media pembelajaran.
Oleh karena itu, penulis memilih untuk membuat skripsi yang membahas tentang ketrampilan menyimak dalam pembelajaran di sekolah. Karena kegiatan menyimak merupakan salah satu aspek didalam proses belajar mengajar.
Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai  Penerapan ketrampilan menyimak berita menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP N 1 KAJEN Tahun ajaran 2016/2017.

B.     Rumusan Masalah
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.      Bagaimana penggunaan media Audio Visual terhadap kemampuan menyimak pembacaan teks  berita pada siswa kelas VII SMP N 1 KAJEN
2.      Bagaimana respons siswa terhadap penggunaan media audio visual yang di berikan oleh guru dalam pembelajaran di kelas.
C.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian adalah:
1. .Untuk mengetahui penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak pembacaan teks berita pada siswa kelas VII Smp N 1 kajen.
2. Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media audio visual dalam pembelajaran di kelas.
D.    Manfaat
1.      Teoritis
Penelitian ini diharpakan bermanfaat bagi pengajaran bahasa indonesia di ranah pendidikan dan menjadi pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan media audio visual terhadap ketrampilan menyimak berita di kelas.

2.      Praktis
a.       Siswa
·         Untuk menumbuhkan ketertarikan siswa dalam kegiatan ketrampilan menyimak pada saat pembelajaran di kelas.
·         Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dalam kegiatan proses belajar mengajar.
b.      Guru
·         Membantu guru dalam memilih metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.
·         Memberi masukan bagi guru untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran menyimak berita.
c.       Sekolah
·         Memberikan tambahan refrensi kepada sekolah tentang penggunaan media audio visual dalam proses kegiatan belajar mengajar
E.     Landasan Teori
Teori 1
Pengertian menyimak
 kegiatan menyimak adalah salah satu ketrampilan berbahasa yang di pakai setiap pembelajaran. sejalan dengan hl tersebut menyimak juga berkaitan dengan berbicara kegiatan tersebut merupakan komunkasi dua arah yang langsung serta merupakan komunikasi tatap muka. (Tarigan, 2008: 31).

Teori 2
Pengertian Berita
Berita adalah sebuah informasi yang penting dan menarik perhatian serta menarik minat khalayak pendengar (Menurut Paul de Massenner). Berita adalah laporan tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi interpretasi yang penting, menarik, masih baru dan harus disampaikan secepatnya kepada khalayak (menurut Charnley dan James M. Neal).  Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termassa, yang dapat menarik perhatian pembaca, karena sesuatu yang luar biasa, penting, mencakup sisi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan (Menurut Assegaf, dalam Sumadiria 2005: 64-65).

Teori 3
Media audio visual.
Sudjana dan Rivai (2003: 58 ) mengemukakan bahwa media audio visual adalah sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indera pandang dan pendengaraBerdasarkan pengertian-pengertian yang telah diberikan, maka media audiovisual adalah media penyalur pesan dengan memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan.


F.     Tinjuan Pustaka
Sumber penelitian terdahulu yang relevan untuk dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian mengenai Peningkatan Ketrampilan Menyimak Berita menggunakan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kutorejo.  (Sari, 2013 ).Dalam penelitian tersebut juga mengenai menyimak Berita. Perbedaan dengan penelitian ini yaitu dalam penelitian sebelumnya menggunakan metode Teams Games Tournaments ( TGT), sedangakan dalam penelitian ini menggunakan Media Audio Visual.

G.    Metode Penelitian
Dalam sebuah penelitian pasti menggunakan metode untuk mengelola hasil data. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil data berbentuk kata dan kalimat atau analisis.

H.    Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan teknik nontes berupa wawancara yang dilakukan peneliti pada saat meneliti dengan menanyai siswa kelas VII B dalam pembelajaran berita, melalui observasi yang dilakukan peneliti. kemudian pada saat peneliti mengetahui media yang dipakai oleh guru tidak membuat siswa aktif dan suasana kelas tidak menyenangkan maka pada penelitian ini penelitian mencoba mewawancarai siswa siswi untuk mengetahui pembelajaran berita melalui media audio visual, pada hal ini apakah yang menjadi kendala pada saat menyimak sebuah teks berita Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran menyimak berita siswa dapat mengamati, menanya dan mendiskusikan pembelajaran menyimak dengan menggunakan media audio visual.






I.       Hasil dan Pembahasan
Pada penelitian ini peneliti membahas mengenai media audio visual yang menjadi satu media untuk menyimak teks berita pada siswa adapun dengan menggunakan media audio visual apakah proses dalam menyimak teks berita lebih baik dan membuat siswa lebih mengerti ataupun malah tidak menarik sama sekali oleh siswa, oleh karena itu peneliti mendapat kesempatan untuk mewawancari siswa kelas VII SMP N 1 KAJEN bagaimana pembelajaran berita yang di terapkan oleh guru pada saat di kelas. Data yang didapat pada saat mewawancari adalah seperti berikut:



No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Bagaimana pembelajaran berita yang di terapkan oleh guru bahasa Indonesia kalian.
pembelajaran berita yang diterapkan oleh guru dengan cara membacakan teks berita dan siswa menyimak.
2
Apakah menurut kalian pembelajaran berita itu menyenangkan.
Pembelajaran berita menyenangkan, karena kita di suruh mencari hal-hal yang terjadi di dalam teks berita.
3
Adakah kendala yang dialami oleh guru saat pembelajaran berita ?
Ada, kendala pada siswa ada yang tidak memperhatikan dan malah ada yang mengantuk pada saat guru membacakan berita.
4
Upaya apa yang guru lakukan untuk mengatasi kemalasan siswa dalam kegiatan menyimak pembacaan teks berita ?
Upaya yang dilakukan guru agar tetap berjalan dalam pembelajaran menyimak  adalah dengan memberikan penugasan kepada siswa untuk menyimak dan mencari tahu permasalahan yang terjadi dan mencari 5W+1H
5
Apakah dengan cara memberi penugasan membuat siswa lebih aktif.
.ya tetapi menurut saya kurang aktif karena pada saat guru membacakan teks berita  kurang jelas.

Deangan adanya bukti wawancara di atas peneliti mengetahui permasalahan yang terjadi pada saaat pembelajaran berita, kendala yang terjadi adalah pembacaan berita dengan teks saja kurang memperjelas pendengaran siswa dan pada kali ini peneliti ingin menerapkan pembelajaran berita dengan menggunakan media agar lebih memperjelas pada saat pembelajaran menyimak berita berikut  hasil wawancara penerapan media audio visual di kelas.
Pertanyaan
Jawaban
Apakah kalian pernah mendengar atau mengetahui tentang menyimak pembacaan teks berita dengan tayangan media audio visual.
Pernah  tapi belum pernah di ajarkan guru di kelas. Baru kali ini pembelajaran menggunakan media diterapkan
Apakah merasa lebih faham menyimak pembacaan teks berita dengan tayangan media audio visual.?
Lebih mudah dan lebih jelas proses pembelajaran lebih dapat ditangkap dan bisa di simak secara baik.
Apakah kalian mengalami kesulitan pada saat menyimak pembacaan teks berita, atau lebih jelas apakah malah membosankan.?
Menurut saya tidak ada kesulitan, karena dengan adanya media audio suara lebih jelas dan bisa di ketahui unsur-unsur apa yang harus kami ketahui.
Apakah kalian menyukai proses pembelajaran dengan penerapan media Audio Visual
Menyukai, hal ini lebih mudah daripada menyimak dengan pembacaan teks, proses pembelajaran juga lebih menyenangkan.
Setelah kalian mengikuti pembelajaran menyimak berita dengan adanya media udio Visual apakah lebih faham tentang pembelajaran berita itu apa.?
Pembelajaran dengan adanya media baru seperti media lebih mudah untuk di simak dan mudah untuk di pahami lebih jelas.
Setelah kalian mengikuti proses pembelajaran berita dengan menyimak pembacaan teks berita apakah kalian tertarik untuk pembelajaran selanjutnya dengan menulis teks berirta.?
Tertarik karena proses pembelajaran sangat menyenangkan mudah di simak dan bisa untuk pembelajaran seterusnya seperti menulis.
Bagaimana pendapat kalian mengenai penerapan media audio visual ini.?
Pendapat kami penerapan media audio lebih bagus dan membuat pembelajaran lebih mudah di pahami saat pembelajaran menyimak berita.

Setelah di lihat dari wawancara yang sudah dilakukan oleh peneliti maka peneliti mengetahui permasalahan yang pertama mengenai pembacaan berita yang dilakukan oleh guru dengan berupa teks ,cenderung sulit dipahami oleh siswa, sedangkan pada penelitian ini peneliti mencoba menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Pada proseses pembeajaran tersebut ternayata lebih menarik dan membuat siswa lebih menangkap proses pembelajaran menyimak karena media yang dipakai telah mendukung pembelajarsn yang aktif dan tidak mononton dan kondisi kelas tidak rame, karena siswanya semua mendengarkan dengan mengamati pembacaan teks untuk mengetahui dan mencari unsur-unsur yang ada pada berita kemudian dapat dilakukan untuk pembelajaran selanjutnya seperti menulis unsur-unsur 5W+1H.

PENUTUP
A.    SIMPULAN
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas VII Smp N 1 Kajen tahun ajaran 2016/2107. Maka dapat di simpulkan bahwa penggunan media Audio Visual dapat diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran menyimak teks berita. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan siswa kelas VII Smp N 1 Kajen pada saat pembelajaran dikelas dan ternyata proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih aktif dan suasana kelas terkondusifkan.
Dengan demikian media Audio Visual dapat di terapkan pada pembelajaran pembacaan Teks berita pada siswa kelas VII SMP N 1 Kajen karena dianggap mampu menguatkan dan memudahkan siswa pembelajaran menyimak.


DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Rivai dan Nana Sudjana, Teknologi Pengajaran, Bandung : CV Sinar Baru, 2003
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sari. 2013. Dalam jurnal yang berjudul peningkatan ketrampilan menyimak berita menggunakan metode teams games tournaments (TGT) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutorejo.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan  
Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur.  2008. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.



No comments:

Post a Comment