Penerapan Ketrampilan Menyimak Pembacaan Teks Berita dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Kajen Tahun Ajaran 2016/2017
Dwi Sri Wigati 14410098 6C
PBSI FPBS UPGRIS
Dwigati1234@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketrampilan
menyimak pembacaan teks berita dengan menggunakan media audio visual pada
siswa kelas VII SMP 1 N KAJEN. pada penelitian ini untuk mengetahui keaktifan
pembelajaran berita pada siswa kelas VII dengan menerapkan media audio visual
untuk lebih jelas dalam menyimak teks pembacaan berita. Pada penelitian ini
peneliti mengambil lokasi pada SMP N 1 KAJEN. Bentuk penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal
dari siswa kelas VII . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Subyek penelitian ini adalah Teks berita. (1) menyimak pembacaan teks
berita, (2) penerapan media audio visual. Objek penelitian ini adalah penerapan
media yang untuk mengembangkan tingkat keaktifan siswa dalam menyimak sebuah
teks melalui media vidio. Teknik pengumpulan data nontes berupa observasi wawancara
yang dilakukan pada siswa kelas VII B SMP N 1 Kajen.
Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam
menyimak lebih baik, peningkatan pembelajaran dalam menyimak, menemukan
unsur-unsur berita dengan mendengarkan melalui tahap-tahap menyimak, dapat
mengamati dengan jelas dan mudah. Berdasarkan penelitian dapat di simpulkan
strategi pembelajaran dalam menyimak teks berita melalui media audio visual
dapat membantu siswa lebih mudah dan jelas untuk dilakukan pada saat
pembelajaran menulis.
Kata kunci : Menyimak Teks Berita,Media, dan Audio Visual
A.
PENDAHULUAN
Latar
belakang
Keterampilan
berbahasa memiliki empat komponen, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan
berbicara, keterampilan membaca dan
keterampilan menulis (Tarigan, 2008: 1) Keempat
keterampilan berbahasa tersebut sangat penting salah satunya ketrampilan
menyimak menurut H.G. Tarigan, menyimak adalah suatu proses kegiatan
mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman,
apresiasi, serta intrepestasi untuk memperoleh informasi menyimak adalah mendengarkan ( mempertahankan
apa yang diucapkan orang), menyimak adalah latihan mendengarkan baik-baik
dengan menyimak dapat menggunakan media, guru akan lebih mudah memberikan
materi dengan adannya media Audio Visual yang di terapkan oleh guru diharapkan
agar siswa lebih mudah menangkap materi pembelajaran menyimak dengan baik dan
mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, guru biasanya hanya
memberikan pembelajaran berita dengan cara membaca dengan teks pada hal ini
guru ingin menerapkan model lain seperti menyimak dengan menggunakan media
seperti Vidio.
Sejalan dengan kegiatan menyimak adapun tujuan dalam menyimak adalah salah
satunya menyimak untuk belajar, kegiatan pembelajaran menyimak berita dengan
menggunakan media tentunnya akan membuat siswa cenderung lebih jelas dengan
mendengarkan pembicara membacakan berita melalui vidio siswa akan lebih
mengetahui isi pembacaan berita yang di sampaikan dan akan membuat siswa lebih
mudah pada saat akan mencari informasi atau menulis hal-hal yang penting pada
pembacaan berita.
Teks berita merupakan tulisan yang berisi tentang fakta
mengenai peristiwa terkini yang menarik dan dapat disampaikan kepada khalayak
umum melalui media telivisi, radio dan koran. Biasanya teks berita di muat di
surat kabar tidak panjang. Tetapi singkat dan jelas beritannya. Sebuah berita
yang baik di dalamnya mengandung unsur 5W+1H..
Pada kegiatan pembelajaran di sekolah pembelajaran
mengenai Berita biasanya sering adanya pada tingkatan SMP, biasanya guru sering
membacakan berita melalui teks berita, Namun pada hal ketrampilan menyimak
berita melalui teks masih banyak siswa yang mengalami kendala seperti halnya
siswa mengantuk, ataupun tidak mendengarkan guru dengan baik ataupun pembacaan
yang kurang jelas. Salah satu bentuk perbaikan dalam proses pembelajaran adalah
melakukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan
proses belajar mengajar. Pemanfaatan tekhnologi didalam kegiatan pembelajaran
guna sebagai salah satu upaya meningkatkan minat belajar peserta didik, dan
menimbulkan semangat dalam pembelajaran dengan memanfaatkan tekhnologi yang
telah ada, yakni media audio visual sebagai media pembelajaran.
Oleh karena itu, penulis memilih untuk membuat skripsi
yang membahas tentang ketrampilan menyimak dalam pembelajaran di sekolah.
Karena kegiatan menyimak merupakan salah satu aspek didalam proses belajar
mengajar.
Berdasarkan
uraian
tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Penerapan ketrampilan menyimak berita
menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP N 1 KAJEN Tahun ajaran
2016/2017.
B.
Rumusan
Masalah
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana
penggunaan media Audio Visual terhadap kemampuan menyimak pembacaan teks berita pada siswa kelas VII SMP N 1 KAJEN
2. Bagaimana
respons siswa terhadap penggunaan media audio visual yang di berikan oleh guru
dalam pembelajaran di kelas.
C.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan
masalah diatas maka tujuan penelitian adalah:
1. .Untuk mengetahui penggunaan media
audio visual terhadap kemampuan menyimak pembacaan teks berita pada siswa kelas
VII Smp N 1 kajen.
2. Untuk mengetahui respon siswa
terhadap penggunaan media audio visual dalam pembelajaran di kelas.
D.
Manfaat
1. Teoritis
Penelitian ini diharpakan
bermanfaat bagi pengajaran bahasa indonesia di ranah pendidikan dan menjadi
pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan media audio visual terhadap
ketrampilan menyimak berita di kelas.
2. Praktis
a. Siswa
·
Untuk menumbuhkan
ketertarikan siswa dalam kegiatan ketrampilan menyimak pada saat pembelajaran
di kelas.
·
Menciptakan suasana kelas
yang menyenangkan dalam kegiatan proses belajar mengajar.
b. Guru
·
Membantu guru dalam
memilih metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.
·
Memberi masukan bagi guru
untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran menyimak berita.
c. Sekolah
·
Memberikan tambahan
refrensi kepada sekolah tentang penggunaan media audio visual dalam proses
kegiatan belajar mengajar
E.
Landasan
Teori
Teori 1
Pengertian
menyimak
kegiatan menyimak adalah salah satu
ketrampilan berbahasa yang di pakai setiap pembelajaran. sejalan dengan hl
tersebut menyimak juga berkaitan dengan berbicara kegiatan tersebut merupakan
komunkasi dua arah yang langsung serta merupakan komunikasi tatap muka.
(Tarigan, 2008: 31).
Teori 2
Pengertian
Berita
Berita
adalah sebuah informasi yang penting dan menarik perhatian serta menarik minat
khalayak pendengar (Menurut Paul de Massenner). Berita adalah laporan
tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi interpretasi
yang penting, menarik, masih baru dan harus disampaikan secepatnya kepada
khalayak (menurut Charnley dan James M. Neal). Berita adalah laporan
tentang fakta atau ide yang termassa, yang dapat menarik perhatian pembaca,
karena sesuatu yang luar biasa, penting, mencakup sisi human interest seperti
humor, emosi dan ketegangan (Menurut Assegaf, dalam Sumadiria 2005: 64-65).
Teori 3
Media audio
visual.
Sudjana dan Rivai (2003: 58 )
mengemukakan bahwa media audio visual adalah sejumlah peralatan yang dipakai
oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap
oleh indera pandang dan pendengaraBerdasarkan pengertian-pengertian yang telah
diberikan, maka media audiovisual adalah media penyalur pesan dengan
memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan.
F.
Tinjuan
Pustaka
Sumber penelitian
terdahulu yang relevan untuk dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian
mengenai Peningkatan
Ketrampilan Menyimak Berita menggunakan Metode Teams Games Tournaments (TGT)
Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kutorejo.
(Sari, 2013 ).Dalam penelitian tersebut juga mengenai menyimak Berita.
Perbedaan dengan penelitian ini yaitu dalam penelitian sebelumnya menggunakan
metode Teams Games Tournaments ( TGT), sedangakan dalam penelitian ini
menggunakan Media Audio Visual.
G.
Metode Penelitian
Dalam sebuah
penelitian pasti menggunakan metode untuk mengelola hasil data. Dalam
penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini dilakukan
dengan cara mendeskripsikan hasil data berbentuk kata dan kalimat atau
analisis.
H.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik yang
digunakan teknik nontes berupa wawancara yang dilakukan peneliti pada saat
meneliti dengan menanyai siswa kelas VII B dalam pembelajaran berita, melalui
observasi yang dilakukan peneliti. kemudian pada saat peneliti mengetahui media
yang dipakai oleh guru tidak membuat siswa aktif dan suasana kelas tidak
menyenangkan maka pada penelitian ini penelitian mencoba mewawancarai siswa
siswi untuk mengetahui pembelajaran berita melalui media audio visual, pada hal
ini apakah yang menjadi kendala pada saat menyimak sebuah teks berita Untuk
mengetahui hasil dari pembelajaran menyimak berita siswa dapat mengamati,
menanya dan mendiskusikan pembelajaran menyimak dengan menggunakan media audio
visual.
I.
Hasil
dan Pembahasan
Pada penelitian
ini peneliti membahas mengenai media audio visual yang menjadi satu media untuk
menyimak teks berita pada siswa adapun dengan menggunakan media audio visual
apakah proses dalam menyimak teks berita lebih baik dan membuat siswa lebih
mengerti ataupun malah tidak menarik sama sekali oleh siswa, oleh karena itu
peneliti mendapat kesempatan untuk mewawancari siswa kelas VII SMP N 1 KAJEN
bagaimana pembelajaran berita yang di terapkan oleh guru pada saat di kelas.
Data yang didapat pada saat mewawancari adalah seperti berikut:
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Bagaimana pembelajaran
berita yang di terapkan oleh guru bahasa Indonesia kalian.
|
pembelajaran berita yang
diterapkan oleh guru dengan cara membacakan teks berita dan siswa menyimak.
|
2
|
Apakah menurut kalian
pembelajaran berita itu menyenangkan.
|
Pembelajaran berita
menyenangkan, karena kita di suruh mencari hal-hal yang terjadi di dalam teks
berita.
|
3
|
Adakah
kendala yang dialami oleh guru saat pembelajaran berita ?
|
Ada, kendala pada siswa ada
yang tidak memperhatikan dan malah ada yang mengantuk pada saat guru
membacakan berita.
|
4
|
Upaya
apa yang guru lakukan
untuk mengatasi kemalasan siswa dalam kegiatan menyimak pembacaan teks berita
?
|
Upaya
yang dilakukan guru agar tetap berjalan dalam pembelajaran menyimak adalah dengan memberikan penugasan kepada
siswa untuk menyimak dan
mencari tahu permasalahan yang terjadi dan mencari 5W+1H
|
5
|
Apakah dengan cara memberi
penugasan membuat siswa lebih aktif.
|
.ya tetapi menurut saya kurang aktif karena pada saat
guru membacakan teks berita kurang
jelas.
|
Deangan adanya bukti
wawancara di atas peneliti mengetahui permasalahan yang terjadi pada saaat pembelajaran
berita, kendala yang terjadi adalah pembacaan berita dengan teks saja kurang
memperjelas pendengaran siswa dan pada kali ini peneliti ingin menerapkan
pembelajaran berita dengan menggunakan media agar lebih memperjelas pada saat
pembelajaran menyimak berita berikut
hasil wawancara penerapan media audio visual di kelas.
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Apakah
kalian pernah mendengar atau mengetahui tentang menyimak pembacaan teks
berita dengan tayangan media audio visual.
|
Pernah tapi belum pernah di ajarkan guru di kelas.
Baru kali ini pembelajaran menggunakan media diterapkan
|
Apakah
merasa lebih faham menyimak pembacaan teks berita dengan tayangan media audio
visual.?
|
Lebih
mudah dan lebih jelas proses pembelajaran lebih dapat ditangkap dan bisa di
simak secara baik.
|
Apakah
kalian mengalami kesulitan pada saat menyimak pembacaan teks berita, atau
lebih jelas apakah malah membosankan.?
|
Menurut
saya tidak ada kesulitan, karena dengan adanya media audio suara lebih jelas
dan bisa di ketahui unsur-unsur apa yang harus kami ketahui.
|
Apakah
kalian menyukai proses pembelajaran dengan penerapan media Audio Visual
|
Menyukai,
hal ini lebih mudah daripada menyimak dengan pembacaan teks, proses
pembelajaran juga lebih menyenangkan.
|
Setelah
kalian mengikuti pembelajaran menyimak berita dengan adanya media udio Visual
apakah lebih faham tentang pembelajaran berita itu apa.?
|
Pembelajaran
dengan adanya media baru seperti media lebih mudah untuk di simak dan mudah
untuk di pahami lebih jelas.
|
Setelah
kalian mengikuti proses pembelajaran berita dengan menyimak pembacaan teks
berita apakah kalian tertarik untuk pembelajaran selanjutnya dengan menulis
teks berirta.?
|
Tertarik
karena proses pembelajaran sangat menyenangkan mudah di simak dan bisa untuk
pembelajaran seterusnya seperti menulis.
|
Bagaimana
pendapat kalian mengenai penerapan media audio visual ini.?
|
Pendapat
kami penerapan media audio lebih bagus dan membuat pembelajaran lebih mudah
di pahami saat pembelajaran menyimak berita.
|
Setelah di lihat dari wawancara yang sudah dilakukan
oleh peneliti maka peneliti mengetahui permasalahan yang pertama mengenai
pembacaan berita yang dilakukan oleh guru dengan berupa teks ,cenderung sulit
dipahami oleh siswa, sedangkan pada penelitian ini peneliti mencoba menerapkan
proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Pada proseses
pembeajaran tersebut ternayata lebih menarik dan membuat siswa lebih menangkap
proses pembelajaran menyimak karena media yang dipakai telah mendukung pembelajarsn
yang aktif dan tidak mononton dan kondisi kelas tidak rame, karena siswanya
semua mendengarkan dengan mengamati pembacaan teks untuk mengetahui dan mencari
unsur-unsur yang ada pada berita kemudian dapat dilakukan untuk pembelajaran
selanjutnya seperti menulis unsur-unsur 5W+1H.
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan
dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas VII Smp N 1 Kajen tahun ajaran
2016/2107. Maka dapat di simpulkan bahwa penggunan media Audio Visual dapat
diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran menyimak teks berita. Hal ini dapat
dilihat dari hasil wawancara dengan siswa kelas VII Smp N 1 Kajen pada saat
pembelajaran dikelas dan ternyata proses pembelajaran dengan menggunakan media
audio visual lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih aktif dan suasana kelas
terkondusifkan.
Dengan
demikian media Audio Visual dapat di terapkan pada pembelajaran pembacaan Teks
berita pada siswa kelas VII SMP N 1 Kajen karena dianggap mampu menguatkan dan
memudahkan siswa pembelajaran menyimak.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad
Rivai dan Nana Sudjana, Teknologi
Pengajaran, Bandung : CV Sinar Baru, 2003
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sari. 2013. Dalam jurnal yang berjudul peningkatan ketrampilan menyimak berita
menggunakan metode teams games tournaments (TGT) pada siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Kutorejo.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu
Keterampilan
Berbahasa.
Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
No comments:
Post a Comment