Laman

Saturday, June 17, 2017


Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada  Siswa Kelas VIII



Riska Fahrudin, 1441018, PBSI, FPBS, UPGRIS.

riskafahrudin123@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian   ini  bertujuan   untuk  rnendeskripsikan    wujud  kesalahan   berbahasa   dalarn rnenulis   teks  berita   siswa  kelas  VIII  SMP  N  3  Sernarang   tahun  jaran   2016/207. Peneliti rnenernukan   berbagai   rnasalah,   di  antaranya   yaitu   penyirnpangan    rnorfologis,   kesalahan sintaksis,    kesalahan    kosa    kata,    kesalahan    ejaan,    dan   kesalahan    pernenggalan     kata. Permasalahan     tersebut    dapat    rnenjadi    kesulitan    bagi   peserta    didik    untuk    rnengasah keterarnpilan  rnenulis  teks berita.  Dengan  adanya  permaslahan   tersebut  tentu perlu  diadakan perbaikan    dalarn   proses   pernbelajaran    rnenulis   teks   berita.Penelitian     ini   rnenggunakan rancangan    penelitian    kualitatif    dengan   jenispenelitian     deskriptif.    Hasil   penelitian    ini rnenunjukkan  bahwa  siswa banyak  rnelakukankesalahan   berbahasa  pada penyusunan   struktur bentuk    kalirnat   dalarn   teks   berita,   di   antaranya    susunan   kata   yang   kurang   lengkap, penggunaan  unsur  yang belebihan,  penggunan  preposisi  yang tidak tepat, dan konjungsi  yang berlebihan.    Ternuan   tersebut   rnernbuktikan    bahwa   siswa   kurang   rnernerhatikan    kaidah kebahasaan  dalarn rnenulis,  dan rninirnnya  kosakata  yang dirniliki  siswa.
Kata  kunci:  kesalahan  berbahasa,  keterarnpilan  rnenulis,  dan teks berita.

A.  Pendahuluan

1.   Latar   Belakang

Proses  pernbelajaran   rnerupakan   suatu  proses  kornunikasi   dalarn  berbahasa. Bahasa    dalarn    pendidikan     rnernegang     peran    penting    untuk    kernajuan     ilrnu pengetahuan    dan  keterarnpilan.Keterarnpilan     berbahasa   mencangkup    ernpat,   yaitu keterarnpilan   menyirnak   (listening  skill),  keterarnpilan   membaca  (reading  skill),  dan keterarnpilan  rnenulis  (writing skill}.keterarnpilan  rnenyimak  rnerupakan  keterarnpilan pertama    yang   dipelajari    oleh   rnanusia,   kernudian    berbicara,    setelah   itu   belajar membaca  dan rnenulis.  Keernpat  kernarnpuan  tersebut  merupakan  catur tunggal  yaitu suatu  kesatuan  yang  tidak  dapat  dipisahkan   (Tarigan,  2008:1).Menulis     merupakan
suatu  proses  perkernbangan,    seperti  halnya  ketiga  keterampilan   berbahasa   lainnya.
'.
Menulis     menuntut     pengalarnan,      waktu,     kesernpatan,     latihan,     keterarnpilan- keterarnpilan   khusus,   dan  pengajaran   langsung   rnenjadi   seorang  penulis.Menuntut gagasan  secara  logis,  diekspresikan   secara jelas,  dan  ditata  secara  rnenarik  (Tarigan,
2008:8).Menulis  rnerupakan  keterarnpilan  berbahasa  yang paling penting dan sulit dikuasai.Narnun      dernikian,     pernbelajaran     menulis     disekolah     temyata     belurn mernpunyai   ternpat   yang   cukup.   Pernbelajaran   menulis   hanya  rnendapatkan   porsi waktu  yang  kurang   dibanding   dengan  pembelajaran   kebahasaan   yang  lain  seperti berbicara,  membaca,  dan menyimak.
Menulis  teks  berita  termasuk   kompetensi   dasar  yang  harus  dikuasai  peserta didik   dalam   pembelajaran    Bahasa    Indonesia.Namun,     pada   kenyataannya    masih terdapat  kesalahan   dalam  penggunaan   Ejaan  Bahasa  Indonesia  dalam  menulis   teks berita.  Berita  (news)  adalah  tulisan  non  fiksi berisi  informasi  tertentu  yang  dikemas dalam  berita,  atau  reportase  hasil  liputan  para  jumalis   yang  terikat  oleh  kaidah  5W (what, why, when, where,  who) plus  1 H (how) (Kuncoro,  2009:25).
Berdasarkan   observasi   yang  peneliti   lakukan   dan  wawancara   dengan   guru mata   pelajaran   Bahasa   Indonesia   pada   kelas   VIII   SMPN   3  Semarang,   peneliti menemukan    berbagai    masalah,    di   antaranya    yaitu   penyimpangan     morfologis, kesalahan  sintaksis,  kesalahan  kosa kata, kesalahan  ejaan, dan kesalahan  pemenggalan kata.   Permasalahan    tersebut    dapat   menjadi    kesulitan   bagi   peserta   didik   untuk mengasah   keterampilan   menulis   teks  berita.  Dengan   adanya  permaslahan   tersebut tentu perlu diadakan  perbaikan  dalam proses pembelajaran  menulis  teks berita.
2.   Rumusan  Masalah

Berdasarkan  latar belakang tersebut maka permasalahan  dalam penelitian ini adalah bagaimanakah   wujud  kesalahan  berbahasa  dalam  menulis  teks berita  siswa kelas  VIII SMP N 3 Semarang  tahun ajaran 201612017?

3.   Manfaat

Manfaat  teoretis  dalam penelitian  ini untuk menambah  pengetahuan  tentang kesalahan berbahasa   pada  menulis   teks  berita  mata  pelajaran   bahasa   Indonesia   dalam   Ilmu Analisis  Kesalahan   Berbahasa.   Kemudian   Manfaat  praktis  dilihat  dari  segi  praktis, penelitian   ini  bermanfaat   untuk   mengetahui   kesalahan   berbahasa   yang  digunakan untuk    membuat  karangan  teks  berita  dan  mengetahui   dampak  kesalahan  berbahasa terhadap  kejelasan   makna  studi  kasus  kelas  VIII  SMP N  3  Semarang  tahun  ajaran
2016/2017.


B.  Landasan  Teori

Teori  1 Menulis

1. Pengertian  Menulis

Menulis  merupakan  suatu  keterampilan  berbahasa  yang digunakan  untuk berkomunikasi    secara  tidak  langsung,   tidak  secara  tatap  muka  dengan  orang  lain. Menulis  merupakan  suatu kegiata  produktif  dan ekspresif.Dalam  kegiatan  menulis  ini, penulis harnslah terampil  memanfaatkan   grafologi,  struktur bahasa  dan kosakata.Keterampilan    menulis  ini tidak  datang  seeara  otomatis,  tetapi  harus  melalui latihan  dan praktik yang banyak  dan teratur  (Tarigan  2008:3).
2. Tujuan  Menulis

Tujuan  menulis  adalah  mengekspresikan    ide  atau  gagasan  ke  dalam  bentuk tulisan.  Menurut  Tarigan  (2008:24),   setiap jenis  tulisan  terkandung  beberapa  tujuan, tetapi tujuan  itu sangat beraneka  ragam.  Bagi penulis  yang belum  berpengalaman   ada baiknya   diperhatikan   tujuan   menulis,   yaitu  pemberitahuan,    peyakinan,   penghibur, pengekspresian   perasaan  dan emosi,
3. Manfaat  Menulis

Delapan  manfaat  dari kegiatan  menulis,  antara  lain:   (1) penulis  dapat mengetahui kemampuan   dan  prestasi   dirinya.   (2)  penulis  dapat  berlatih   dalam  mengembangkan berbagai    gagasan.   (3)   penulis    lebih   dapat   menyerap,    meneari,    serta   menguasai informasi  sehubungan  dengan  topik  yang ditulis.  Kegiatan  menulis  dapat memperluas wawasan  penulis  seeara  teoritis  mengenai  fakta-fakta  yang  berhubungan;   (4) penulis dapat   melatih   dalam   pemgorganisasian     seeara   sistematis    serta   pengungkapannya seeara  tersurat.   (5)  penulis   akan  dapat  meninjau   serta  menilai   gagasannya   sendiri seeara  lebih  subjektif.  (6)  dengan  menulis,  sesuatu  di atas  kertas,  penulis  akan  lebih mudah  memeeahkn  permasalahan,   yaitu dengan  menganalisisnya   seeara tersurat  dalam konteks  yang lebih kongkret.  (7) denga menulis,  penulis  terdorong  untuk belajar  seeara aktif. (8) dengan  kegiatan  menulis  yang tereneana  membiasakan   penulis  berpikir  serta berbahasa  seeara tertib dan teratur  (Akhadiah,  1988:1-2).

Teori 2 Teks Berita

1. Pengertian  Berita

Menurut  siregar  (dalam  Chaer,  2010)  berita  adalah  kejadian  yang  diulang  dan ditulis dengan menggunakan   kata-kata.  lni berarti bahwa berita berisi  tentang peristiwa yag  terjadi  dalam  masyarakat,   yang  kemudian  disjikan  ulang  dalam  bentuk  kata-kata yang   disiarkan   seeara   tertulis   melalui   media   surat  kabar   atau  majalah   selain   itu disajikan  dalam  media  suara  (Radio),  dan  gambar  melalui  media  televisi.  Bahkan  di zaman yang serba eanggih  ini berita dapat dijumpai  dalam media internet.
2. Unsur-unsur  Berita

Djuraid  (2009:73)  unsur-unsur   yang harus  ada dalam  sebuah berita  adalah  5 W

+ 1H, yaitu  :

a.       What atau apa yang terjadi  .faktor utama dalam  sebuah berita adalah peristiwa atau
keadaan.

b.Where  atau  tempat  kejadian   atau  dalam  istilah  kriminal   disebut  TKP (tempat kejadian  perkara)  yaitu temp at peristiwa  atau keadaan.
c. When  atau  waktu   sebuah   peristiwa   atau  keadaan   yang  terjadi.   Bila     disebut dengan   pagi,   siang,   sore,  malam,   kalau   mau   lebih   rici  bisa   disebutkan   dalam hitungan jam,  menit,  sampai  detik.
d. Who atau tokoh yang menjadi  pemeran  utama  dalam berita.

Tokoh   dalam  berita   adalah   orang  yang  paling   tahu  dan  berperan   penting   dalam peristiwa.
e. Why atau pertanyaan  untuk menguak  mengapa  sebuah peristiwa  bisa     terjadi. Pertanyaan  ini bisa dikembangkan   menjadi  banyak  berita selanjutnya.  Sebab dari
penyebab  ini akan diketahui  banyak  hal dibalik kejadian  tersebut. 

f. How adalah pertanyaan  untuk megetahui  keadaan  bagaimana  sebuah peristiwa terjadi, termasuk akibat yang ditimbulkan.

Teori  3 Menulis  Berita

Siregar  (1998:19)  sesensi  kegiatan  menulis  berita  adalah melaporkan   seluk -beluk suatu  peristiwa   yang  telah  ,  sedang,   atau  akan  terjadi.  Melaporkan   di  sini  berarti menuliskan   apa yang dilihat,  didengar,  atau dilami  seseorang  atau sekelompok   orang. Berita  ditulis  sebagai rekontruksi  tertulis  dari apa yang terjadi.
Selain  itu,  menurut   Chaer   (2010:20)   penulisn   berita,   apapun  jenisnya,   adalah pekerjaan      karang-mengarang.Jadi,        kaidah-kaidah      karang-mengarang       haruslah diterapkan    dalam   penulisan   berita   itu,   disamping   rambu-rambu    itu  khusus   yang berlaku   pada  dunia  jurnalistik.   Rambu-rambu   itu  berkenaan   dengan  cara  penulisan judul   berita,   teras  berita   (lead,   intra),   tubuh  berita   (detail),   dan  bagian   penutup. Berikut  akan dibahas tentang penulisan  berita.
1. Penulisan  Judul Berita

Judul berita  , disebut juga  kepala berita  (headline  news), haus dibuat  sedemikian rupa  sehingga  tampak  menarik  dn hidup.  Umpamamnya,   untuk  membut  judul  lenih
menarik   hidup   dan  lebih   menarik   perhtikan,   lazim   dibuat   dengan   penanggalan
I

prefiks  me-  atau prefiks  ber-  yang  ada pada  verba  atau kata kerjanya;  padahal  pada bahasa  ragam baku kedua prefiks  itu harus ditampilkan  (Chaer, 2010:20).
2. Penulisan  Teras Berita Anwar  (dalam  Chaer  2010:25)  mengungkapkan   dalam jumalistik   Indonesia  ada beberapa  istilah  untuk  menyebut  teras berita  (Inggris  Lead),  yaitu  pengantar  berita, awal  berita,  dan  intro.Dalam   buku  ini  digunakan   istilah  teras  berita,   istilah  yang ditetapkan  oleh berita "Antara".
Chaer  (2010:25)  teras  berita  adalah  bagian  yang  terpenting   dari  sebuah  berita, yang  ditempatkan   pada  paragraf  pertama  di bawah  judul  berita.  Teras  berita  dapat berupa  sebuah  kalimat  atau  beberapa  kaliamat   (dua  atau  tiga  buah  kalimat)nyang terikat  pada  paragraf.  Teras  berita  harus  menarik  dan ditulis  dalam  kalimat-kalimat pemdek.
Teori 4 Kesalahan  Berbahasa

Setyawati     (2010:15)    menyimpulkan     bahwa    kesalahan     berbahasa     adalah penggunaan  bahasa  baik  secara  lisan maupun  tertulis  yang menyimpag   faktor-faktor penentu    berkomunikasi     atau    menyimpang     dari    norma    kemasyarakatan      dan menyimpang  dari kaidah tata bahasa  Indonesia.
Setiap   karya  tulis   ilmiah   menerpkan   aturan-aturan    Ejaan   Bahasa   Indonesia (EBI).EJaan  Bahasa  Indonesia  memberikan   salah  satu dari beberapa  pedoman  yang ada, yaitu pengguaan  tanda baca.Peggunaan   tanda baca menjadi  bahasan  yang sangat penting,  karen a setiap karya tulis ilmiah membutuhkan  tanda baca.
Setyawati  (2010:15)  mengatakan   bahwa  kesalahan  tand  baca  adalah  kesalahan penulisan  titik, tanda koma,  tanda  titik dua, tanda  hubung,  tanda  pisah,  tanda  tanya, anda seru, tanda  elipsis,  tnda petik,  tanda petik  tunggal,  tanda  kurung,  tanda  kurung siku, dan tanda penyekat  atau apostrof.  N amus masalah  tersebut  dapat dikontrol  agar tidak menjadi  kesalahan  yng berkelanjutan,   dengan  cara mempelajari  dan memahami aturan dari penggunaan  tand baca.
C.  Metode  Penelitian

Pendekatan   yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  pendekatan  kualitatif dengan   metode   deskriptif.Metode    deskriptif   merupakan   bagian   dari  penelitian kualitatif.  Penelitian  kualitatif  suatu  penelitian  yang  ditunjukkan   untuk mendeskripsikan   dan menganalisis   fenomena,  peristiwa,  aktivitas  sosial, dan sikap
orang  secara  individual  maupun  kelompok  bagaimana  proses  pembelajaran   yang
I
telah  berlangsung.Penelitian     deskriptif   bertujuan   untuk   menggambarkan    suatu kejadian   secara   nyata   yang   telah  dilakukan   dalam   pembelajaran.    Pendekatan kualitatif    dengan   metode   deskriptif   ini   untuk   memberikan    gambaran    secara sistematis,   nyata  dan  akurat  dari  fenomena  -  fenomena   yang  telah  diteliti  pada adanya tanpa perlakuan  - perlakuan  khusus.
Sumber   data  penelitian   kualitatif   tampilanya   berupa   kata   kata  lisan  dan tertulis  yang dicermati  oleh peneliti,  dan benda -  benda  yang diamati  atau sebuah kejadian   yang  diamati,   digambarkan   secara  detail  agar  dapat  ditangkap   makna yang tersirat  dalam dokumen,  bendanya  atau kejadiannya.
Metode   penelitian   yang  digunakan   dalam   skripsi   ini  adalah  metode   penelitian deskriptif.  Penggunaan  metode  ini karena  ingin  mengetahui   segal a perilaku  siswa dan  tanggapan   siswa  kelas  VIII  SMP  N  3  Semarang   tahun   ajaran  2016/2017 selama proses pembelajaran  menulis  Teks Berita.

Pendekatan  yang digunakan  dalam penelitian  Illl  adalah pendekatan kualitatif.Digunakan     pendekatan    ini  karena   data   yang   dianalisis   tidak   berupa angka-angka    atau  lambang    lambang   melainkan   berupa   penggunaan    bentuk bahasa  dan pendeskripsisan.

D.  Pembahasan Hasil  Penelitian

Pada  bagian   ini  dipaparkan   data  dan  hasil   temuan   penelitian   mencakupkesalahan penyusunan     struktur    bentuk    kalimat    dalam    teks    berita,    di    antaranya     yaitu penyimpangan   morfologis,  kesalahan  sintaksis,  kesalahan  kosa  kata,  kesalahan  ejaan, dan kesalahan  pemenggalan   kata. Permasalahan   tersebut  dapat menjadi  kesulitan  bagi peserta  didik untuk mengasah  keterampilan  menulis  teks berita.
1.  kesalahan   morfologis pada  teks  berita

•     Kesalahan  penggunaan  kata penghubung
•    Kecintaannya  pada  binatang   terlihat bahwa ia mampu  menuangkan
kegembiraan-kegembiraannya dan ia bertekad  untuk terus memelihara  binatang tersebut
Kata penghubung  bahwa pada kalimat tersebut  kurang tepat digunakan,  karena menimbulkan   kerancuan  dalam segi redaksi  kalimat juga  makna.  Adanya  kata penghubung  dan pun menjadikan  kalimat  tersebut  rancu karena  akan ada 2 kata penghubung  yang berbeda  fungsi daam satu kalimat.  Yang pertama  adalah kalimat majemuk  bertingkat,  kedua kalimat majemuk  setara. Sebaiknya,  Kecintaannya  pada  binatang  terlihat ketika ia mampu  menuangkan kegembiraan-kegembiraannya     sehingga  ia bertekad  untuk terus memeliharanya •    Kesalahan  penggunaan  reduplikasi
•    Menuangkan   kegembiraanya   seharusnya  menuangkan  kegembiraan.


2.   Bentuk  tidak baku

1)    Pak guru mengajar  tata bahasa  di sekolah  kami.

2)    Saya lebih baik berpulang  daripada  meninggal  di sini. Bentuk  baku
1)    Pak guru mengajarkan  tata bahasa  di sekolah  kami.

2)    Saya lebih baik pulang  daripada  tinggal  di sini.

Kata mengajar  pada contoh  kalimat  di atas akan lebih tepat jika  di beri imbuhan  -kan sehingga  menjadi  mengajarkan.   Selanjutnya  pada kata berpulang  dan meninggal  pada kalimat  tersebut  kurang tepat dalam pengimbuhan   sehingga  lebih tepatnya  apabila tidak menggunakan   imbuhan  yaitu kata pulang  dan tinggal.
3.   Kesalahan  sintaksis

Penggunaan   unsur  yang  berlebihan,   pemborosan   kata,  serta  kalimat   kurang   efektif sering dijumpai  dalam penulisan  berita.
Contoh: Pertama  -  tama dia dikejar - kejar lalu dipanggil  oleh tersangka

Kata-kata   yang  bergaris   bawah  merupakan   kata  yang  berlebihan.   Penggunaan   dua kata dalam  sebuah  kalimat  dianggap  mubazir  atau tidak hemat.  Oleh karena  itu, hanya perlu  digunakan  satu saja agar tidak mubazir.
4.   Kesalahan  penggunaan  konjungsi  yang  berlebihan
Kekurangcermatan   pemakai  bahasa  dapat mengakibatkan   penggunaan   konjungsi  yang berlebihan.   Hal  itu terjadi  karena  dua kaidah  bahasa  bersilang  dan bergabung   dalam sebuah kalimat.  Berikut  contohnya:
.L  Walaupun   dia  belum  pergi  ke  Semarang,   tetapi  dia  datang  juga   di  pertemuan

besok.
Pemakaian  bahasa  akibat  penggunaan   konjungsi   yang berlebihan   menjadikan   kalimat tersebut  tidak padu atau tidak serasi.   I
5.   Tataran  Semantik

•    Baginya,  hidup harus diawali  dengan  langkah  kebaikan


Seharnsnya,  Baginya,  hidup harus diawali  dengan   kebaik

6.   Penulisan  Singkatan


No
   Salah


Benar




















Analisis
1
OSIS
Organisasi  Siswa
Intrasekolah   (OSIS)

Sebaiknya  pada bentuk pemendekan   diberi pejelas terlebih  dahulu  (dituliskan bentuk  aslinya).  Agar pembaca yang masih  awam bisa mengetahui   arti kata hasil pemendekan   itu. Barn
kemudian  pada penulisan
berikutnya  boleh  langsung dipendekan  tanpa penjelasan.

2
DKR

Dewan  Kerja  Ranting
(DKR)

Sebaiknya  pada bentuk pemendekan   diberi pejelas terlebih  dahulu  (dituliskan bentuk  aslinya).  Agar pembaca yang masih  awam bisa mengetahui   arti kata hasil pemendekan   itu. Barn
kemudian  pada penulisan berikutnya  boleh  langsung dipendekan  tanpa penjelasan.

3
IREMA
Ikatan Remaja  Masjid
(lREMA)

Sebaiknya  pada bentuk pemendekan   diberi pejelas terlebih  dahulu  (dituliskan bentuk  aslinya).  Agar pembaca yang masih  awam bisa mengetahui   arti kata hasil pemendekan   itu. Baru
kemudian  pada penulisan
berikutnya  boleh  langsung dipendekan  tanpa penjelasan.


7.   Keefektifan kalimat

No
Salah
Benar
Analisis
1
Tahun  2016 ia dipercaya menjadi  ketua IREMA selain itu pada tahun dan diangkat  menjadi ketua  DKR di SMK
.

Tahun  2016, Asep dipercaya  menjadi  ketua IREMA  dan pada tahun 2017 ia diangkat  menjadi
pradana  di SMK  1
Karangnunggal
Kalimat  yang terlalu panjang dan tidak diimbangi  dengan tanda baca yang sesuai menjadikan  kalimat  tersebut menjadi  rancu.


No
Salah
Benar
Analisis
1
Riwayat  organisasi diawali  tahun 2017 dengan menjadi Ketua  OSIS ketika  MTS Darussalam   
Riwayat  organisasi  diawali tahun 2017 dengan  menjadi Wakil Ketua OSIS MTS Darussalam

Penambahan   kata "ketika" membuat  kalimat  menjadi rancu.  "Ketika"  menunjukan
kurun  waktu  tertentu,  sementara kata "MTs  Darussalam" menunjuka   tempat.


E.  Penutup

Simpulan

Berdasarkan   observasi   yang  peneliti   lakukan   dan  wawancara   dengan   guru  mata  pelajaran Bahasa  Indonesia  pada ke]as VIn  SMPN  3 Semarang,  peneliti  menemukan   berbagai  masalah, di  antaranya   yaitu   penyimpangan    morfologis,    kesalahan    sintaksis,   kesalahan   kosa   kata, kesalahan   ejaan,   dan  kesalahan   pemenggalan    kata.   Permasalahan    tersebut   dapat  menjadi kesulitan   bagi  peserta   didik  untuk   mengasah   keterampilan    menulis   teks  berita.   Dengan adanya   permaslahan    tersebut   tentu  perlu   diadakan   perbaikan   dalam   proses   pembelajaran menulis  teks berita




Daftar  Pustaka



Ahaidah,  Sabati dkk.2003.Menulis.Jakarta:Depdikbud.


Arikunto,  Suharsimi.  2013. Prosedur  Penelitian  suatu pendekatan  praktik.  Jakarta: Rineka  Cipta.

Chaer, Abdul.  2010. Bahasa Jurnalistik.  Jakarta:  Rineka  Cipta.
Djuraid,  Husnun N. 2012. Panduan  Menulis  Berita. Malang:  UMM  Pres. Dmyati  dan Mudjiono.1994.Belajar    dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka    Putra. Kuncoro,  Mudrajat.  2009. Mahir Menulis  (Kiat Jitu Menulis  Artikel,  Opini,

Kolom,  dan Resensi Buku).  Jakarta:  Airlangga.


Rohmah.  2014. " Analisis  Kesalahan  Ejaan pada Teks Berita Hasil Pekerjaan

Siswa   Kelas   VIn   SMP  Negeri   6  Blora   Tahun   Ajaran   2013/2014".    Skripsi   S-I Progdi Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia.  Semarang:
Setyawati,    Nanik.    2013.   Analisis    Kesalahan    Berbahasa    Indonesia    Teoridan   Praktik.

Surakarta:  Yuma Pustaka.Universitas  PGRI Semarang.


Sugiono.  2013. Metode Penelitian  Pendidikan.  Bandung:  Alfabeta


Tarigan,  Henry  Guntur. 2008. Menulis  Sebagai  Suatu Keterampilan   Berbahasa.

Bandung:  Angkasa.








No comments:

Post a Comment