Keefektifan
penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur
di
SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017
Monica
Gyta Rini/14410116/6C/PBSI/FPBS UPGRIS
Monicagyta23@gmail.com
ABSTRAK
Monica Gyta Rini. Npm 14410116.
Keefektifan Penggunaan Media Vidio Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur di
kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas
PGRI Semarang.
Penelitian ini
dilatar belakangi media yang digunakan untuk pembelajaran menulis teks prosedur
di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017. Media yang diterapkan
adalah media vidio untuk mengefektifkan pembelajaran menulis teks prosedur pada
peserta didik diharapkan dapat membantu peserta didik berfikir kritis, kreatif,
dan aktif dalam mengungkapkan ide
kreatifnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan
penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII SMP
Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini
untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran
menulis teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar
2016/20117. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttes. Tehnik
pengumpulan data meliputi pemberian posstest dan angket untuk mengetahui
keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur
pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 37 Semarang. Hasil penelitian observasi
di lapangan sebelum dan sesudah menggunakan media vidio dalam pembelajaran
menulis teks prosedur mampu menumbuhkan sikap berfikir kritis, kreatif dan
aktif dalam mengungkapkan ide kreatifnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media vidio setelah diterapkan dikelas lebih efektif dalam
menyampaikan materi teks prosedur. Dari hasil penelitian uji hipotesis kelompok
eksperimen peserta didik yang
menggunakan media vidio lebih aktif, dan
mampu berfikir kritis . Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat keefektifan pembelajaran menulis
teks prosedur dengan menggunakan media vidio pada peserta didik kelas VII SMP
Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017.
Kata kunci:
Keefektifan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur.
A. Pendahuluan
1. Latar
belakang
Media
merupakan bentuk sarana penguhubung informasi dalam proses belajar mengajar,
dalam pembelajaran guru membutuhkan alat salah satunya dengan menggunakan
media. Media berfungsi untuk menarik siswa kedalam pembelajaran serta
memperoleh gambaran jelas tentang benda atau hal-hal yang diamati secara
langsung. Banyak ditemukan ditemukan dalam pembelajaran media yang tidak sesuai
dengan materi sehingga pembelajaran tidak efektif. Media membantu guru untuk menyampaikan
materi kepada peserta didik agar lebih menarik dan mudah dipahami.
Materi pembelajaran yang
akan peneliti lakukan pada kelas VII G SMP salah satunya di semester gasal ini
yaitu menulis teks prosedur. Pembelajaran menulis merupakan menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk
tulisan. Adapun menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan bebahasa
diantaranya adalah keterampilan membaca, keterampilan menyimak, keterampilan
berbicara, dan keterampilan menulis. Melalui kegiatan menulis diharapkan peserta didik dapat
menuangkan ide kreatifnya yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Keterampilan
menulis tidak datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik
yang banyak dan teratur ( Tarigan,1994:3).
Menulis adalah
penggambaran suatu bahasa menggunakan lambang-lambang grafik sehingga orang
dapat dengan mudah memahaminya (Tarigan,1994:21). Menulis merupakan kegiatan
aktif yang produktif dari hasil keterampilan menyimak lala ide yang diperoleh
dan gagasan yang ada di pikiranya dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Dalam
penelitian ini peneliti hendak membahas keefektifan penggunaan media vidio
dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Adapun pengertian teks prosedur
adalah suatu teks yang berisi informasi atau cara penggunaan atau pembuatan
suatu barang. Adapun struktur teks prosedur meliputi tujuan, bahan, dan
langkah-langkah.
2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis dapat
merumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi keefektifan
penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta
didik kelas VII G SMP Negeri 37 Semarang?
3. Manfaat
penelitian
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis dan praktis adapun manfaat
teoritis dan praktis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Manfaat
teoritis
Secara
teoritis penelitian ini bermanfaat dalam pembelajaran sastra di kelas.
Juga sebagai alternatif dalam penggunaan media pembelajaran
yang bervariasi guna mencapai tujuan pembelajaran, serta menambah pengetahuan
mengenai implementasi penggunaan media vidio dalam pembelajaran sastra.
2. Manfaat
Praktis
a. Bagi
Siswa
Penggunaan media vidio dalam pembelajaran teks fabel diharapkan mampu
menambah semangat siswa dalam belajar terks prosedur dan menumbuhkan daya
kreatif dan inovatif siswa dalam menulis teks prosedur. Membantu siswa dalam
memahami dan diakhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menulis teks fabel.
b. Bagi
Guru
Secara Praktis hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk memperkaya
wawasan guru tentang variasi pennggunaan media pembelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran teks
prosedur , khususnya pembelajaran
menulis puisi sehingga guru dapat memilih dan memilah media yang sesuai dan
dibutuhkan peserta didik dalam pembelajaran menulis.
c. Bagi
Sekolah
Penelitian ini dapat menjadi
variasi penggunaan media pembelajaran
yang digunakan sekolah untuk pembelajaran teks prosedur khususnya pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan media vidio. Tentunya penelitian ini akan membantu guru dalam
proses pembelajaran.
d. Bagi
Peneliti
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk
mengembangkan pengetahuan tentang penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur di
kelas. Penelitian ini turut serta membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
4. Tinjauan
pustaka
Sebagai bahan perbandingan
pada penulisan skripsi ini, peneliti melakukan tinjauan pustaka pada penelitian
sebelumnya. Selain itu, peneliti juga mengenali informasi tentang penelitian
yang berkaitan dengan judul. Adapun tinjauan pustaka yang dilukan mengenai
media , metode, tehnik , model dan materi yang digunakan adalah sebagai berikut
:
a.
Penelitian 1
Dalam jurnal Maharani (2015) yang
berjudul Keefektifan Penggunaan media
Vidio pendek Papermoon Puppet Theatre dalam Pemmbelajaran Menulis Cerita Pendek
pada siswa Kelas X MAN 2 YOGYAKARTA yang beriri tentang penggunaan media
vidio papermoon Puppet Theatre
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X
MAN 2 YOGYAKARTA sebab sebelumnya belum pernah digunakan untuk pembelajaran
menulis cerita pendek. Sejalan dengan pendapat tersebut menurut (Jauhari,203:6
) Keterampilan menulis ialah keterampilan proses karena hampir semua yang
membuat tulisan baik karya ilmah, nonilmiah, maupun hanya catatan pribadi,
jarang yang melakukan secara spontan dan langsung.
b. Penelitian
2
Dalam skirpsi Wantoro ( 2015) yang berjudul Keefektifan Penggunaan Media Flim Strip terhadap keterampilan menulis
Narasi siswa kelas V Di SD NEGERI NGOTO BANTUL TAHUN 2014/2015. Yang berisi
tentang penggunaan media Flim strip dalam pembelajaran menulis karangan narasi
lebih tinggi dari mean posttest kelas yang menggunakan media gambar dalam
pembelajarannya. Hasil penelitian ini membutktikan bahwa penggunaan media flim
strip efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi.
5. Landasan
teori
Adapun
landasan teori yang digunakan dalam
penelitian ini mencakup, keefektifan, media vidio, pembelajaran, dan
Teks Prosedur.
a. Teori 1:
Keefektifan
Keefektifan
berasal dari kata efektif yang artinya ada efeknya akibatnya, pengaruh, dan
kesanya, (Suharso dan Retnoningsih, 2009:127). Dengan demikian efektivitas
adalah hal yang memiliki pengaruh atau berpengaruh. Jadi, kefeektivan adalah suatu hal yang
mempunyai penagruh, mempunyai keberhasilan atau kemanjuran, dan dapat membawa
hasil atau suatu hasil yang efektif.
b. Teori 2:
Media Vidio
Gegne ( Arief S. Sadiman, dkk.2009:6) menyatakan bahwa media adalah
berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk
belajar. Sejalan dengan pendapat tersebut menurut Soepomo (dalam Dandan Djuanda,2006:102).
Media adalah suatu alat yang dipakai sebagai saluran (channell) untuk
menyampaikan pesan atau informasi dari sumber kepada penerima pesan. Jadi media
adalah alat yang digunakan dalam pembelajaran dan untuk mempermudah penyampaian
pesan kepada penerima dengan menggunakan suatu alat tertentu.
c. Teori
3:Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks
yang didalamnya berisi informasi tentang cara penggunaan suatu alat atau
sistematik untuk membuat sesuatu. Menurut Artikel Pendidikan , teks prosedur
merupakan sebuah teks yang berisi penjelasan mengenai sesuatu dengan
memperhatikan langkah-langkah dalam menyelesaikan sesuatu.
d. Teori 4:
Pembelajaran menulis.
keterampilan adalah kemampuan
melakukan pola-pola tingkah laku yang kompleks dan tersusun rapi secara mulus
dan sesuai dengan keadaan untuk mencapai hasil tertentu. Sejalan dengan
pendapat tersbeut Saleh Abbas (2006:125)
mengemukakan bahawa keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan
gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis Sejalan
dengan pendapat tersebut menurut Henry Guntur Tarigan (2008:22). Menulis adalah
menurunkan atau menuliskan lambang-lambang grafis yang menggambarkan suatu
bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lamabng-lambang
grafis.
B. Metode
penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Adapun Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang ditujukan untuk
mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, dan sikap
secara individula maupun kelompok proses
pembelajaran yang telah berlangsung. Penelitian deskriptif bertujuan untuk
menggambarkan suatu kejadian secara nyata yang telah dilakukan dalam
pembelajaran. Pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif ini untuk
memberikan gambaran secara sistematis nyata dan akurat dari fenomena-fenomena
yang telah diteliti apa adanya tanpa perlakuan-perlakuan khusus. Adapun tehnik
pengumpulan data dalam penelitian ini meiputi tehnik tes dan non tes. Tehnik
tes berupa pemberian soal dan tehnik non tes berupa wawancara dan angket yang
dilakukan peneliti. Metode tes dilakukan untuk mengetahui hsil belajar siswa
C. Pembahasan
penelitian
Pembelajaran
menulis teks prosedur dengan menggunakan media vidio pada siswa SMP Negeri 37
Semarang Tahun Ajar 2016/2017 dapat dikatakan sudah efektif digunakan sebagai
alternatif penggunaan media untuk pembelajaran menulis teks prosedur.
Penggunaan media vidio selain memudahkan siswa untuk melihat secara langsung
objek yang hendak diamati siswa juga dapat mendengarkan suara yang jelas
diikuti dengan gambar yang memudahkan siswa untuk lebih memahami teks prosedur
yang disajikan menggunakan media vidio. Adapun kelebihan media vidio ini adalah
selain gambar yang jelas dapat dilihat siswa suara dalam vidio ini juga
mendukung pemahaman siswa akan materi yang hendak disampaikan.
Selain
kelebihan yang dimiliki media vidio , media vidio ini juga mudah dalam penggunaanya
, selain mudah tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menggunakan media ini
hanya membutuhkan proyektor, LCD dan komputer atau laptop serta kabel yang
dapat menghubungkan komputer atau laptop ke layar LCD.
Dari
hasil wawancara , tes, dan angket yang sudah dilakukan oleh peneliti diperoleh
data bahwa siswa lebih antusias menggunakan media vidio sebagai alat atau media
pembelajaran menulis teks prosedur di kelas.
Hal
tersebut didukung hasil wawancara dan angket yang sudah dilakukan oleh peneliti
bahwa siswa-siswi lebih tertarik dan fokus jika belajar menggunakan media vidio
sebagai alternatif media yang sudah ada dan dianggap monoton bagi siswa. Pada
saat menggunakan media vidio pandangan siswa lebih terfokus pada satu titik
yaitu LCD yang berisi paparan mengenai materi menulis teks prosedur, tentunya
hal tersebut membantu guru dalam mencapai tujuan bersama yang didukung dengan
sarana dan prasarana yang memadahi. Adapun hasil wawancara, angket dan
observasi di lapangan menunjukan siswa
pada saat pembelajaran sebelum menggunakan media vidio pandangan siswa belum
terfokus dan masih ada beberapa siswa yang masih asyik mengobrol sendiri dengan
teman sebangkunya, Namun setelah menggunakan media vidio pandangan siswa
teralihkan pada layar yang disajikan guru didepan , hal tersebut menunjukan
bahwa media vidio efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks prosedur
selain visual yang dapat dinikmati oleh siswa , siswa juga dapat menikmati
audio atau suara dari vidio yang digunakan untuk memperjelas pemahaman siswa
akan cara menulis teks prosedur. Adapun permasalahan siswa sebelum menggunakan
alternatif pilihan media vidio siswa belum terfokus pada pembelajaran menulis
yang diterangkan oleh guru sebab media yang digunakan bersifat monoton dan
belum dapat menarik antusias siswa untuk lebih terfokus pada materi.
Jadi media vidio efektif digunakan dalam media
pembelajaran menulis teks prosedur , sebab teks di dalam teks prosedur terdapat
stuktur berupa langkah-langkah, tentunya dalam penulisan teks prosedur harus
sistematik dengan menggunakan media vidio maka dapat memudahkan siswa dalam
memahami teks prosedur. Penelitian mengenai keefektifan penggunaan media vidio
dalam pembelajaran menulis teks prosedur selanjutnya dikemas dalam bentuk
deskripsi dari hasil keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran
menulis teks prosedur pada siswa SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017
kelas VII G. Peneliti menggunakan kelas kontrol yakni kelas VII G. Adapun cara
kerja operasional dalam penelitian ini yaitu peneliti menggunakan tehnik tes
dan non tes untuk mengetahui keefektifan penggunaan media vidio dalam
pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas SMP Negeri 37 Semarang
Tahun Ajar 2016/2017.
Adapun langkah-langkah yang diterapkan dikelas
meliputi siswa memperhatikan tayangan berupa vidio mengenai teks prosedur
setelah tayangan mengenai teks prosedur tersebut di tayangkan siswa dengan
arahan guru diberi tugas untuk menuliskan kembali bagaimana cara menulis teks
prosedur yang benar. Kemudian siswa secara individu maju ke depan kelas untuk
membacakan hasil yang sudah dituangkan dalam tulisanya di depan kelas. Adapun teman yang lain menggapi hasil tulisan
yang sudah dipaparkan di depan kelas. Penelitian ini dilakukan melihat guru
dalam memberikan pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa SMP Negeri 37
Semarang Tahun Ajar 2016/2017 kurang memiliki variasi dan masih sering
ditemukan guru yang hanya sekadar menggunakan media cetak atau teks , hal
tersebut mengakibatkan daya kreatif siswa dan imajinasi siwa terbatasi oleh
media yang terkesan monoton dan tidak memiliki unsur kebaharuan, Peneliti
memulih media vidio dengan alasan , vidio adalah seperangkat alat yang berupa
gambar dan suara yang dikemas secara kreatif sehingga mampu menumbuhkan
imajinasi siswa dalam menulis teks proedur yang konkrit karena melihat objek
dan mendengar secara langsung.
Dari hasil wawancara ditemukan bahwa media
yang digunakan guru dikelas untuk pembelajaran menulis teks prosedur kurang
menarik dan terkesan monoton sebab siswa hanya diberikan selebaran teks yang
berisi instruksi cara untuk menulis teks prosedur tanpa visual apapun seperti
sedikit gambar untuk memberikan keterangan terhadap langkah-langkah dalam teks
prosedur.
D. Simpulan
dan saran.
Berdasarkan
penelitian yang sudah dilakukan penggunaan media vidio sebagai media
pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017 efektif
sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur di kelas. Saran peneliti untuk
penelitian selanjutnya dan guru adalah
agar penelitian selanjutnya lebih menggunakna media pembelajaran yang kreatif
dan inovatif untuk pembelajaran menulis teks prosedur guna mencapai tujuan
pembelajaran .
Daftar Pustaka
Fajar, Wiranto. 2015. Keefektifan
penggunaan media flim strip terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V
di SD Negeri Ngoto Bantul Tahun Ajar 2014/2015.Diuduh pada tanggal 12
Apriul 2017 pukul 11:41 WIB.
Melati,
Maharani.2015. Dalam jurnal Keefektifan
penggunaan penggunaan vidio pendek Papermoon Puppet Theatre dalam Pembelajaran
Menulis cerita pendek pada siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta.
Suharso
dan Ana Retnoningsari.2009. Media
Pendidikan: Jakarta: Gramedia Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur.1994. Menulis
Sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
____________________. 2008. Menulis
sebagai suatu Keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa group.
No comments:
Post a Comment