Laman

Saturday, June 17, 2017

Keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur
di SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017


Monica Gyta Rini/14410116/6C/PBSI/FPBS UPGRIS
Monicagyta23@gmail.com

ABSTRAK
               Monica Gyta Rini. Npm 14410116. Keefektifan Penggunaan Media Vidio Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Pendidikan  Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi media yang digunakan untuk pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017. Media yang diterapkan adalah media vidio untuk mengefektifkan pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik diharapkan dapat membantu peserta didik berfikir kritis, kreatif, dan aktif dalam  mengungkapkan ide kreatifnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/20117. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttes. Tehnik pengumpulan data meliputi  pemberian posstest dan angket untuk mengetahui keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 37 Semarang. Hasil penelitian observasi di lapangan sebelum dan sesudah menggunakan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur mampu menumbuhkan sikap berfikir kritis, kreatif dan aktif dalam mengungkapkan ide kreatifnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media vidio setelah diterapkan dikelas lebih efektif dalam menyampaikan materi teks prosedur. Dari hasil penelitian uji hipotesis kelompok eksperimen  peserta didik yang menggunakan media vidio lebih  aktif, dan mampu berfikir kritis . Dengan demikian dapat disimpulkan  terdapat keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan media vidio pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017.
Kata kunci: Keefektifan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur.



A.    Pendahuluan
1.      Latar belakang
Media merupakan bentuk sarana penguhubung informasi dalam proses belajar mengajar, dalam pembelajaran guru membutuhkan alat salah satunya dengan menggunakan media. Media berfungsi untuk menarik siswa kedalam pembelajaran serta memperoleh gambaran jelas tentang benda atau hal-hal yang diamati secara langsung. Banyak ditemukan ditemukan dalam pembelajaran media yang tidak sesuai dengan materi sehingga pembelajaran tidak efektif. Media membantu guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih menarik dan mudah dipahami.
Materi pembelajaran yang akan peneliti lakukan pada kelas VII G SMP salah satunya di semester gasal ini yaitu menulis teks prosedur. Pembelajaran menulis merupakan  menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Adapun menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan bebahasa diantaranya adalah keterampilan membaca, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. Melalui kegiatan  menulis diharapkan peserta didik dapat menuangkan ide kreatifnya yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Keterampilan menulis tidak datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur ( Tarigan,1994:3).
Menulis adalah penggambaran suatu bahasa menggunakan lambang-lambang grafik sehingga orang dapat dengan mudah memahaminya (Tarigan,1994:21). Menulis merupakan kegiatan aktif yang produktif dari hasil keterampilan menyimak lala ide yang diperoleh dan gagasan yang ada di pikiranya dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Dalam penelitian ini peneliti hendak membahas keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Adapun pengertian teks prosedur adalah suatu teks yang berisi informasi atau cara penggunaan atau pembuatan suatu barang. Adapun struktur teks prosedur meliputi tujuan, bahan, dan langkah-langkah.
2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 37 Semarang?
3.      Manfaat penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis dan praktis adapun manfaat teoritis dan praktis dalam penelitian ini adalah  sebagai berikut :
1.      Manfaat teoritis
      Secara teoritis penelitian ini bermanfaat dalam pembelajaran sastra di kelas. Juga  sebagai  alternatif dalam penggunaan media pembelajaran yang bervariasi guna mencapai tujuan pembelajaran, serta menambah pengetahuan mengenai implementasi penggunaan media vidio  dalam pembelajaran sastra.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Siswa
       Penggunaan media vidio dalam pembelajaran teks fabel diharapkan mampu menambah semangat siswa dalam belajar terks prosedur dan menumbuhkan daya kreatif dan inovatif siswa dalam menulis teks prosedur. Membantu siswa dalam memahami dan diakhir pembelajaran siswa diharapkan  mampu menulis teks fabel.
b.      Bagi Guru
      Secara Praktis hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk memperkaya wawasan guru tentang variasi pennggunaan media pembelajaran  yang akan digunakan untuk pembelajaran teks prosedur  , khususnya pembelajaran menulis puisi sehingga guru dapat memilih dan memilah media yang sesuai dan dibutuhkan peserta didik dalam pembelajaran menulis.
c.       Bagi Sekolah
Penelitian ini dapat menjadi variasi penggunaan  media pembelajaran yang digunakan sekolah untuk pembelajaran teks prosedur  khususnya pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media vidio. Tentunya penelitian ini akan membantu guru dalam proses pembelajaran. 
d.      Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan tentang penggunaan media vidio  dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas. Penelitian ini turut serta membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
4.      Tinjauan pustaka
Sebagai bahan perbandingan pada penulisan skripsi ini, peneliti melakukan tinjauan pustaka pada penelitian sebelumnya. Selain itu, peneliti juga mengenali informasi tentang penelitian yang berkaitan dengan judul. Adapun tinjauan pustaka yang dilukan mengenai media , metode, tehnik , model dan materi yang digunakan adalah sebagai berikut :
a.      Penelitian 1
      Dalam jurnal  Maharani (2015) yang berjudul Keefektifan Penggunaan media Vidio pendek Papermoon Puppet Theatre dalam Pemmbelajaran Menulis Cerita Pendek pada siswa Kelas X MAN 2 YOGYAKARTA yang beriri tentang penggunaan media vidio papermoon Puppet Theatre efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X MAN 2 YOGYAKARTA sebab sebelumnya belum pernah digunakan untuk pembelajaran menulis cerita pendek. Sejalan dengan pendapat tersebut menurut (Jauhari,203:6 ) Keterampilan menulis ialah keterampilan proses karena hampir semua yang membuat tulisan baik karya ilmah, nonilmiah, maupun hanya catatan pribadi, jarang yang melakukan secara spontan dan langsung.
b.      Penelitian 2
Dalam skirpsi  Wantoro ( 2015)  yang berjudul Keefektifan Penggunaan Media Flim Strip terhadap keterampilan menulis Narasi siswa kelas V Di SD NEGERI NGOTO BANTUL TAHUN 2014/2015. Yang berisi tentang penggunaan media Flim strip dalam pembelajaran menulis karangan narasi lebih tinggi dari mean posttest kelas yang menggunakan media gambar dalam pembelajarannya. Hasil penelitian ini membutktikan bahwa penggunaan media flim strip efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi.
5.      Landasan teori
Adapun landasan teori yang digunakan dalam  penelitian ini mencakup, keefektifan, media vidio, pembelajaran, dan Teks Prosedur.
a.       Teori 1: Keefektifan
Keefektifan berasal dari kata efektif yang artinya ada efeknya akibatnya, pengaruh, dan kesanya, (Suharso dan Retnoningsih, 2009:127). Dengan demikian efektivitas adalah hal yang memiliki pengaruh atau berpengaruh.  Jadi, kefeektivan adalah suatu hal yang mempunyai penagruh, mempunyai keberhasilan atau kemanjuran, dan dapat membawa hasil atau suatu hasil yang efektif.

b.      Teori 2: Media Vidio
Gegne ( Arief S. Sadiman, dkk.2009:6) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar. Sejalan dengan pendapat tersebut menurut Soepomo (dalam Dandan Djuanda,2006:102). Media adalah suatu alat yang dipakai sebagai saluran (channell) untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber kepada penerima pesan. Jadi media adalah alat yang digunakan dalam pembelajaran dan untuk mempermudah penyampaian pesan kepada penerima dengan menggunakan suatu alat tertentu.
c.       Teori 3:Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang didalamnya berisi informasi tentang cara penggunaan suatu alat atau sistematik untuk membuat sesuatu. Menurut Artikel Pendidikan , teks prosedur merupakan sebuah teks yang berisi penjelasan mengenai sesuatu dengan memperhatikan langkah-langkah dalam menyelesaikan sesuatu.
d.      Teori 4: Pembelajaran menulis.
keterampilan adalah kemampuan melakukan pola-pola tingkah laku yang kompleks dan tersusun rapi secara mulus dan sesuai dengan keadaan untuk mencapai hasil tertentu. Sejalan dengan pendapat tersbeut  Saleh Abbas (2006:125) mengemukakan bahawa keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis Sejalan dengan pendapat tersebut menurut Henry Guntur Tarigan (2008:22). Menulis adalah menurunkan atau menuliskan lambang-lambang grafis yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lamabng-lambang grafis.
B.   Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun Penelitian kualitatif merupakan  penelitian yang ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, dan sikap secara individula maupun kelompok  proses pembelajaran yang telah berlangsung. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu kejadian secara nyata yang telah dilakukan dalam pembelajaran. Pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif ini untuk memberikan gambaran secara sistematis nyata dan akurat dari fenomena-fenomena yang telah diteliti apa adanya tanpa perlakuan-perlakuan khusus. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meiputi tehnik tes dan non tes. Tehnik tes berupa pemberian soal dan tehnik non tes berupa wawancara dan angket yang dilakukan peneliti. Metode tes dilakukan untuk mengetahui hsil belajar siswa
C.   Pembahasan penelitian
Pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan media vidio pada siswa SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017 dapat dikatakan sudah efektif digunakan sebagai alternatif penggunaan media untuk pembelajaran menulis teks prosedur. Penggunaan media vidio selain memudahkan siswa untuk melihat secara langsung objek yang hendak diamati siswa juga dapat mendengarkan suara yang jelas diikuti dengan gambar yang memudahkan siswa untuk lebih memahami teks prosedur yang disajikan menggunakan media vidio. Adapun kelebihan media vidio ini adalah selain gambar yang jelas dapat dilihat siswa suara dalam vidio ini juga mendukung pemahaman siswa akan materi yang hendak disampaikan.
Selain kelebihan yang dimiliki media vidio , media vidio ini juga mudah dalam penggunaanya , selain mudah tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menggunakan media ini hanya membutuhkan proyektor, LCD dan komputer atau laptop serta kabel yang dapat menghubungkan komputer atau laptop ke layar LCD.
Dari hasil wawancara , tes, dan angket yang sudah dilakukan oleh peneliti diperoleh data bahwa siswa lebih antusias menggunakan media vidio sebagai alat atau media pembelajaran menulis teks prosedur di kelas.
Hal tersebut didukung hasil wawancara dan angket yang sudah dilakukan oleh peneliti bahwa siswa-siswi lebih tertarik dan fokus jika belajar menggunakan media vidio sebagai alternatif media yang sudah ada dan dianggap monoton bagi siswa. Pada saat menggunakan media vidio pandangan siswa lebih terfokus pada satu titik yaitu LCD yang berisi paparan mengenai materi menulis teks prosedur, tentunya hal tersebut membantu guru dalam mencapai tujuan bersama yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadahi. Adapun hasil wawancara, angket dan observasi  di lapangan menunjukan siswa pada saat pembelajaran sebelum menggunakan media vidio pandangan siswa belum terfokus dan masih ada beberapa siswa yang masih asyik mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya, Namun setelah menggunakan media vidio pandangan siswa teralihkan pada layar yang disajikan guru didepan , hal tersebut menunjukan bahwa media vidio efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks prosedur selain visual yang dapat dinikmati oleh siswa , siswa juga dapat menikmati audio atau suara dari vidio yang digunakan untuk memperjelas pemahaman siswa akan cara menulis teks prosedur. Adapun permasalahan siswa sebelum menggunakan alternatif pilihan media vidio siswa belum terfokus pada pembelajaran menulis yang diterangkan oleh guru sebab media yang digunakan bersifat monoton dan belum dapat menarik antusias siswa untuk lebih terfokus pada materi.
 Jadi media vidio efektif digunakan dalam media pembelajaran menulis teks prosedur , sebab teks di dalam teks prosedur terdapat stuktur berupa langkah-langkah, tentunya dalam penulisan teks prosedur harus sistematik dengan menggunakan media vidio maka dapat memudahkan siswa dalam memahami teks prosedur. Penelitian mengenai keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur selanjutnya dikemas dalam bentuk deskripsi dari hasil keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017 kelas VII G. Peneliti menggunakan kelas kontrol yakni kelas VII G. Adapun cara kerja operasional dalam penelitian ini yaitu peneliti menggunakan tehnik tes dan non tes untuk mengetahui keefektifan penggunaan media vidio dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017.
 Adapun langkah-langkah yang diterapkan dikelas meliputi siswa memperhatikan tayangan berupa vidio mengenai teks prosedur setelah tayangan mengenai teks prosedur tersebut di tayangkan siswa dengan arahan guru diberi tugas untuk menuliskan kembali bagaimana cara menulis teks prosedur yang benar. Kemudian siswa secara individu maju ke depan kelas untuk membacakan hasil yang sudah dituangkan dalam tulisanya di depan kelas.  Adapun teman yang lain menggapi hasil tulisan yang sudah dipaparkan di depan kelas. Penelitian ini dilakukan melihat guru dalam memberikan pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017 kurang memiliki variasi dan masih sering ditemukan guru yang hanya sekadar menggunakan media cetak atau teks , hal tersebut mengakibatkan daya kreatif siswa dan imajinasi siwa terbatasi oleh media yang terkesan monoton dan tidak memiliki unsur kebaharuan, Peneliti memulih media vidio dengan alasan , vidio adalah seperangkat alat yang berupa gambar dan suara yang dikemas secara kreatif sehingga mampu menumbuhkan imajinasi siswa dalam menulis teks proedur yang konkrit karena melihat objek dan mendengar secara langsung.
 Dari hasil wawancara ditemukan bahwa media yang digunakan guru dikelas untuk pembelajaran menulis teks prosedur kurang menarik dan terkesan monoton sebab siswa hanya diberikan selebaran teks yang berisi instruksi cara untuk menulis teks prosedur tanpa visual apapun seperti sedikit gambar untuk memberikan keterangan terhadap langkah-langkah dalam teks prosedur.
D.    Simpulan dan saran.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan penggunaan media vidio sebagai media pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajar 2016/2017 efektif sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur di kelas. Saran peneliti untuk penelitian  selanjutnya dan guru adalah agar penelitian selanjutnya lebih menggunakna media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk pembelajaran menulis teks prosedur guna mencapai tujuan pembelajaran .


Daftar Pustaka

Fajar, Wiranto. 2015. Keefektifan penggunaan media flim strip terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V di SD Negeri Ngoto Bantul Tahun Ajar 2014/2015.Diuduh pada tanggal 12 Apriul 2017 pukul 11:41 WIB.
Melati, Maharani.2015. Dalam jurnal Keefektifan penggunaan penggunaan vidio pendek Papermoon Puppet Theatre dalam Pembelajaran Menulis cerita pendek pada siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta.
Suharso dan Ana Retnoningsari.2009. Media Pendidikan: Jakarta: Gramedia Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur.1994. Menulis Sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
____________________. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa group.





No comments:

Post a Comment